IP Tinggi Gak Boleh Sedih? - Nara Killjoy

Nara Killjoy

Make Some Noises.

Jumat, 02 Maret 2018

IP Tinggi Gak Boleh Sedih?


A: Duh, gue sedih deh... IP gue semester ini turun nih.
B: Emang IP lu berapa?
A: Semester ini cuma 3.50 masa.
B: Eh, ulekan pecel lele, IP gue aja tiga koma alhamdulillah. Dasar gak bersukur lo!

Kalian pernah denger percakapan kayak di atas? Atau bahkan kalian pernah berada di posisi salah satu di antara mereka? Kalian sebagai si A atau sebagai si B? Kali ini gue bakal ngasih pandangan gue perihal percakapan di atas. Cekidot.

Seperti dilansir dari laman Wikipedia Indonesia, indeks prestasi, yang sering kita singkat menjadi IP, merupakan salah satu alat ukur prestasi di bidang akademik/pendidikan. Kalian yang saat ini sedang duduk di bangku kuliah pasti udah gak asing lagi sama istilah yang satu ini. IP dihitung sebagai rerata norma nilai yang diperoleh mahasiswa pada mata kuliah tersebut setelah diberi bobot dengan angka kredit. Norma nilai berkisar antara 4 (A, terbaik) sampai 0 (E, gagal). Angka kredit ditentukan besarnya (biasanya 1 sampai 4). Berdasarkan hasil penelusuran gue, kriteria penilaian di setiap negara itu berbeda-beda. Bahkan, di masing-masing kampus di Indonesia pun (kayanya) bisa berbeda.

Predikat kelulusan sendiri, gue liat tiap kampus punya aturannya masing-masing. Sebagai contoh, kalo gue liat di Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Padjajaran (Unpad), predikatnya kurang lebih sama. Mereka menetapkan predikat memuaskan untuk IP 2.00 s.d. 2.75, sangat memuaskan untuk IP 2.75 s.d. 3.50, dan dengan pujian (cum laude) untuk IP 3.51 s.d. 4.00. Sekali lagi, aturan ini mungkin berbeda untuk kampus yang lain. Bahkan predikat cum laude sendiri dapat dipecah lagi menjadi cum laude untuk IP 3.51 s.d. 3.77, magna cum laude untuk IP 3.78 s.d. 3.89, dan summa cum laude untuk IP 3.90 s.d. 4.00 (ini bisa jadi juga berbeda untuk tiap kampus).

Kalo kita lihat dari percakapan si A dan si B di pembukaan, ada dua orang dengan tipe yang berbeda. Yang satu IP nya 'cuma' 3.50 dan satunya lagi anggap aja IP nya 3.01 (pokoknya mepet-mepet deh). Kenapa mereka bisa sampe ribut ya? Padahal kan kalo IP nya di konversi, mereka bakal sama-sama dapat predikat sangat memuaskan? Ya, walaupun secara urutan peringkat mereka bakal jauh banget tentunya. Namun, perilaku si B yang mengatakan si A gak bersukur gak boleh kita benarkan sepenuhnya. Kenapa?

Gue sepenuhnya sadar kalo kemampuan setiap orang itu berbeda-beda, termasuk dalam urusan akademis. Mungkin si B bisa berkata demikian karena dia udah mati-matian buat dapet IP sekian. Tapi untuk fairness, kita juga harus lihat target yang udah mereka tentukan di awal. Misalnya aja kalo si B punya target asal gak DO IP 3.00 dan kemudian dia dapet IP 3.01, udah tercapai dong targetnya? Tentunya kita juga kudu lihat dari sudut pandang si A. Misalnya ternyata target dia sebenernya adalah mendapat predikat cum laude atau dapat IP 3.51 ke atas, sedangkan dia 'cuma' dapet IP 3.50. Nyesek kan?

Di sini gue bukan mau belain si A atau menyalahkan si B sepenuhnya. Ya emang sih si A harus tetap bersyukur atas predikat yang udah dia dapet (tipikal orang Indonesia, semua harus disyukuri, bahkan untuk bencana sekalipun). Tapi, kalo misalnya ternyata hasilnya gak sesuai sama ekspektasi dia di awal, boleh dong dia sedih? Apalagi kalo padahal sedikit lagi targetnya bisa tercapai. Yang pengen gue tekanin di sini, jangan sampe kita nge-judge orang sebelum kita tau dan paham persoalan apa yang sedang dia alami. Dalam hal ini target dan ekspektasi dari si A atas IP-nya.

Seperti gue bilang tadi, kemampuan dan target orang itu berbeda satu sama lain. Hargailah perbedaan itu. Kalau temen kamu tergolong orang yang ambisius, ya biarin aja dia dengan ambisi nya itu, selama itu gak ngerugiin kamu dan orang lain, kan? Malah kalo mau, kamu bisa banget belajar sama dia, kan. Biar target kamu itu gak pas-pasan mulu tiap semester. Hal ini juga bisa diaplikasikan di bidang lainnya dalam kehidupan, kok. Kalo prinsip gue sendiri sih, jangan pernah takut untuk bermimpi setinggi langit. Karena kalo pun kita jatuh, kita masih punya kesempatan untuk jatuh di atas puncak Mia Burj Khalifa. Tetap semangat!
Cheers!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar