Piknik ke Bali (Part III) - Nara Killjoy

Nara Killjoy

Make Some Noises.

Minggu, 18 Februari 2018

Piknik ke Bali (Part III)


Seperti janji gue sebelumnya, kali ini gue bakal berbagi ulasan mengenai pantai-pantai yang gue kunjungi selama piknik di Bali. Ya walaupun cuma ulasan seadanya, semoga bisa jadi referensi buat kalian yang nanti mau honeymoon di Bali. Yang jomblo sabar ya.

1. Pantai Kuta
Udah jelas, ini pantai paling mainstream yang ada di Bali. Tapi rasanya kok belum ke Bali ya kalo belum main ke Pantai Kuta? Pantai Kuta udah terkenal sejak dahulu kala. Pas gue masih kecil, pantai ini cukup bersih dan asri. Masih banyak pohon-pohon kelapa di seberang jalanan. Namun kini, Pantai Kuta udah gak begitu bersih lagi. Banyak banget sampah nya malahan. Baik di air lautnya maupun yang teronggok begitu aja di bibir pantai. Selain itu, kalian udah gak bakal bisa nemuin pepohonan kelapa di depan pantai ini lagi. Sebagai gantinya, bakal banyak terlihat minimarket, hotel, cafe, bar, bahkan mall di depan pantai lagendaris ini. Untuk masuk ke Pantai Kuta, kalian cukup nyiapin uang parkir aja sebesar Rp 2 ribu. Bakal sulit nyari tempat parkir mobil di sini, secara jalanannya sempit banget. Mungkin kalian yang mau bawa mobil bisa parkir di parkiran mall depan pantai. Makanya gue nyaranin banget liburan bawa motor aja, atau kalau mau praktis ya ikut paket wisata dari jasa travel aja sekalian.

2. Pantai Sanur
Pantai di sebelah timur Kota Denpasar ini cocok banget buat kalian yang pengen dapet sunrise. Kalo boleh jujur, sebenernya Pantai Sanur ini juga gak bagus-bagus banget. Pasirnya sih putih, cuman cukup banyak sampah juga. Bibir pantainya gak terlalu luas karena di sebelah utara di dominasi oleh bebatuan besar dan pasirnya item. Pantai Sanur juga dijadikan titik berangkat speed boat yang akan menuju Nusa Lembongan. Jadi kalo kalian mau main sampai ke Nusa Lembongan, kalian harus ke Pantai Sanur dulu. Untuk akses ke Pantai Sanur sendiri juga gak mahal loh. Cukup nyiapin uang Rp 2 ribu perak di pintu masuk awal, kalian gak bakal disuruh bayar parkir lagi kok di dalam. Oh iya, parkir di sini juga terbatas banget loh ya. Kalo mau bawa mobil mungkin bisa parkir di Dunkin' Donuts atau KFC di simpang empat Pantai Sanur.

Salah satu sudut di Pantai Sanur
3. Pantai Dreamland
Pantai yang satu ini sebenernya merupakan primadona yang cukup baru di Bali. Pantai yang ada di kawasan Pecatu ini punya pasir yang putih dan ombak yang lumayan tinggi. Selain itu, dari pintu masuk awal sampai ke pantainya kalian bakal disuguhin oleh pemandangan taman-taman cantik di kiri dan kanan sepanjang jalan. Gak heran, tempat ini juga merupakan tempat untuk bermain golf. Jadi kalian kudu hati-hati di jalan karena suatu saat bakal ada caddy golf cart yang menyebrang. Untuk masuk ke sini kalian cukup bayar retribusi sebesar Rp 5 ribu. Cuman terus terang gue kaget begitu main ke pantai ini lagi. Banyak banget sampahnya sekarang. Kenapa ya manusia itu gak bisa banget ngejaga lingkungannya. Nanti kalo udah kena bencana, siapa lagi yang mau disalahin? Oh iya, pantai ini cocok banget buat kalian yang mau dapet sunset. Cuman, gue kemarin gagal gara-gara pas beberapa menit menuju sunset langsung diguyur hujan deres banget. Sedih.

4. Pantai Nusa Dua
Pantai ini merupakan pantai yang paling terawat menurut gue. Pantai yang ada di selatan Kota Denpasar ini cukup bersih dan asri. Pasirnya putih, airnya jernih, dan ada spot yang ombaknya nggak terlalu gede. Cocok buat kalian yang mau mandi di laut. Di pantai ini juga ada cukup banyak pohon rindang, jadi kalian bisa duduk duduk santai sambil menikmati angin sepoi-sepoi. Di kawasan Pantai Nusa Dua ini juga ada objek yang namanya Water Blow. Tempatnya ada di atas karang gitu. Kalau cuacanya pas, bakal ada banyak ombak yang nerjang karang tadi sehingga menimbulkan efek semburan ombak yang cukup kenceng sampe muncrat-muncrat kemana-mana (mungkin karena itu namanya Water Blow job). Untuk masuk ke sini, gue kemarin cukup bayar parkir sebesar Rp 3 ribu aja. Bener-bener liburan yang hemat. Oh iya, kalau tempat menginap kalian di sekitar Kuta atau Kota Denpasar, kalian bisa cus ke Nusa Dua lewat Tol Bali Mandara dari Gerbang Ngurah Rai atau Gerbang Benoa dengan modal Rp 4.500 doang (motor). Yang perlu diingat, transaksi di seluruh jalan tol di Indonesia sekarang udah non tunai. Jadi sebaiknya kalian udah nyiapin e-money sebelumnya. Tapi bisa kok beli di gerbang masuk tol untuk kalian yang belum punya e-money (hari gini gak punya e-money?).

Kalo ini di Pantai Nusa Dua
Ini yang namanya Water (yang lagi gak) Blow
Itu dia tadi beberapa objek wisata mainstream yang gue kunjungi selama piknik kemarin. Dari sisi biaya tergolong hemat banget menurut gue. Cocok banget buat kalian backpacker kere yang pengen menikmati keindahan Bali. Yang perlu diingat, tarif-tarif di atas bisa aja berubah di lain waktu (walaupun masih sama dari lima tahun yang lalu). Selain itu, biasanya ada perbedaan tarif untuk turis lokal dan turis mancanegara. Cukup merepotkan untuk WNI keturunan seperti gue ini (kemudian ditimpuk). Ulasan mengenai hotel bakal gue sampaikan di postingan berikutnya (terakhir).
Cheers!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar