Tiga iPhone X Baru dari Apple, Mana yang Cocok Buatmu? - Nara Killjoy

Nara Killjoy

Make Some Noises.

Kamis, 13 September 2018

Tiga iPhone X Baru dari Apple, Mana yang Cocok Buatmu?


Apple secara resmi telah merilis tiga smartphone baru andalan mereka dalam ajang Apple Event di Silicon Valey, Rabu, 12 September 2018 waktu setempat. Seperti bocoran-bocoran yang sudah beredar sebelumnya, ketiga smartphone ini mengadopsi desain layar berponi. Dengan begini, Apple telah mengakhiri desain iPhone yang bisa dikatakan cukup monoton mulai dari iPhone 6 hingga iPhone 8 atau sekitar empat tahun lamanya. Desain layar berponi bisa jadi merupakan desain default iPhone untuk beberapa generasi ke depan.

Selain membagi desain yang serupa, ketiga iPhone ini juga mendapatkan prosesor yang sama, Apple A12 Bionic. A12 Bionic merupakan prosesor 7 nanometer pertama yang dirilis di pasaran. Sebelumnya dalam ajang IFA 2018 di Berlin, Huawei baru saja memperkenalkan prosesor terbaru mereka yang juga berarsitektur 7 nanometer, HiSilicon Kirin 980. Meskipun demikian, Kirin 980 yang rumornya akan mentenagai Huawei Mate 20 belum ditemukan di pasaran. Bahkan Huawei Mate 20 pun belum resmi diperkenalkan kepada khalayak.

Soal performa, kekuatan chipset dari Apple sudah tidak perlu diragukan lagi. Prosesor terbaru dari Qualcomm, Snapdragon 845 yang jamak ditemui di smartphone Android pun belum mampu menandingi kekuatan chipset A11 Bionic yang rilis tahun lalu. Jadi jangan heran jika nantinya akan terdapat gap yang cukup jauh untuk urusan performa antara smartphone flagship Android dengan iPhone seri X terbaru. Ditambah lagi, ketiga iPhone ini akan menggunakan sistem operasi terbaru, iOS 12 yang katanya semakin ringan jika dibandingkan dengan iOS 11. Oh iya, untuk kalian yang saat ini menggunakan iOS 11, iOS 12 akan siap untuk diunduh secara over the air (OTA) mulai tanggal 17 September nanti.

Apple menamai iPhone terbaru mereka sebagai iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR. Seperti seri S pada iPhone iPhone sebelumnya, seri kali ini merupakan penyempurnaan dari iPhone X tahun lalu. Sebagai tambahan, iPhone merilis seri Max yang dapat dikatakan merupakan seri plus dari iPhone XS. Kedua iPhone XS ini sama-sama menggunakan teknologi layar OLED dari Samsung dengan ukuran 5.8" untuk iPhone XS dan 6.5" untuk iPhone XS Max. Secara ukuran, iPhone seri Max sama persis dengan iPhone seri plus. Namun, peningkatan ukuran layarnya sangat jauh, 5.5" untuk seri plus dibandingkan dengan 6.5" pada seri Max.

Bagi kalian yang sudah terbiasa dengan Touch ID, kalian harus mengucapkan selamat tinggal untuk selamanya. Dengan desain default iPhone seperti sekarang ini, Apple hanya akan mengandalkan Face ID yang katanya semakin cepat dan akurat dari versi sebelumnya. iPhone XS dan XS Max mengandalkan dua kamera belakang untuk hasil foto yang ciamik. Seperti biasanya, setup kamera terdiri dari lensa standar dan lensa telephoto. Kedua lensa ini sudah dilengkapi dengan optical image stabilizer (OIS) untuk hasil rekaman yang mulus. Berita baiknya, iPhone seri terbaru sudah bisa merekam video dengan opsi audio stereo. Akhirnya. Bicara soal fitur baru, iPhone kini juga sudah mendukung penggunaan SIM ganda. Sayangnya, fitur dual SIM hanya sebatas slot nano SIM standar dan embedded SIM (eSIM). Slot kartu SIM ganda hanya ada di iPhone XS Max, itu pun hanya untuk pasar Tiongkok.
Dual SIM slot untuk iPhone XS Max versi China

Lantas bagaimana dengan iPhone XR? iPhone XR dapat dikatakan sebagai versi murah dari iPhone X (walaupun harganya tidak bisa dibilang murah). Yang menjadi faktor pembeda dari iPhone XR adalah teknologi layar yang digunakan. iPhone XR menggunakan layar IPS LCD dengan ukuran 6.1". Secara kualitas warna dan kecerahan, tentu saja layar LCD tidak akan sebagus layar OLED. Selain itu, iPhone XR hanya menggunakan satu kamera belakang tanpa lensa telephoto. Jadi, fitur foto bokeh ala kamera dengan lensa bukaan lebar nampaknya akan absen di iPhone murah ini. Walaupun demikian, kamera di iPhone XR juga sudah dilengkapi dengan OIS.

Sama seperti versi mahalnya, iPhone XR juga sudah dilengkapi dengan rating tahan air dan debu. Hanya saja, rating pada iPhone XR sebatas IP67 dibandingkan dengan IP68 pada iPhone XS series. Ini artinya, iPhone XR hanya bisa tahan direndam selama 30 menit pada kedalaman yang lebih tinggi satu meter dari iPhone XS, yaitu satu meter. Kalian juga harus merelakan ketiadaan Dolby Vision dan 3D Touch di iPhone XR. Namun tenang saja, ketiganya mendapatkan fitur 120Hz Touch Sensing. Artinya layar iPhone kalian akan semakin responsif.

Apple merilis iPhone XS dan iPhone XS Max dengan tiga opsi penyimpanan, 64GB, 256GB, dan 512GB yang disandingkan dengan RAM sebesar 4GB. Opsi untuk iPhone XR juga dimulai dari 64GB, namun opsi 512GB absen dari iPhone versi murah tersebut. Sebagai gantinya, ada opsi penyimpanan 128GB yang sebenarnya sudah cukup lega. Untuk memori, iPhone XR hanya dibekali dengan RAM sebesar 3GB. Untuk pilihan warna, iPhone XS series saat ini memiliki tiga opsi warna yaitu space gray, silver, dan gold. iPhone XR hadir dengan warna yang lebih beragam yaitu blackPRODUCT(RED)™, yellow, blue, dan coral. Apple merilis iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR dengan varian dasar mulai dari harga US$ 999, US$1099, dan US$ 749 secara berurutan.

Pilihan warna yang beragam untuk iPhone XR

Lantas muncul pertanyaan, "Dari ketiga iPhone tersebut, mana yang cocok buat saya?" Jika kalian punya uang melimpah atau merupakan keturunan sultan, ambil lah iPhone XS Max. Ukuran yang besar sebanding dengan kenyamanan yang didapat dari layar yang lebih lapang dan baterai dengan kapasitas jumbo. Jika kalian tidak menyukai smartphone raksasa, iPhone XS merupakan pilihan sempurna. Ukurannya yang mungil cocok untuk kaum hawa yang umumnya tangannya tidak dapat menjangkau luas layar di iPhone ukuran plus. Kalian bisa mengambil iPhone XR jika budget kalian cukup pas-pasan. Selisih US$ 250 bisa kalian gunakan untuk membeli aksesoris Apple lain yang tentu saja tidak murah. Secara kualitas dan fitur tidak terlalu jauh berbeda kok. Jadi, tentukan pilihanmu sekarang!
Cheers

Tidak ada komentar:

Posting Komentar