Sevel Tutup! - Nara Killjoy

Nara Killjoy

Make Some Noises.

Jumat, 26 Januari 2018

Sevel Tutup!


Sebenernya ini tulisan telat (pake) banget. Berhubung gue ada kesibukan dan konsepnya sudah gue bikin, gue bakal tetap lanjutin topik ini. 

Tepat tanggal 30 Juni 2017, seluruh gerai 7-Eleven (sevel) di seputaran Jakarta dan sekitarnya resmi ditutup. Desas desus lesunya bisnis sevel sendiri sudah gue rasakan sejak berbulan-bulan sebelumnya. Cukup banyak gerai sevel yang gue lihat tutup. Gue inget bulan Maret kemarin waktu gue mau transaksi COD di Sevel depan LSPR dan ternyata sevel-nya tutup. Awalnya gue pikir mungkin sevel mau nutup sebagian tokonya aja. Gak nyangka aja kalo bakal permanently closed

Sebelum lanjut ke topik, gue mau bagi sedikit sejarah awal sevel di Indonesia. Nggak Indonesia juga sih. Cuma ada di Jabodetabek ini. Gue kutip dari Wikipedia, 7-Eleven adalah jaringan convenience store 24 jam asal Amerika Serikat yang sejak tahun 2005 dipegang oleh Seven & I Holding Co., sebuah perusahaan Jepang. Sejarah nama Sevel ini sebenarnya karena toko ini awalnya buka jam 7 pagi dan tutup jam 11 malam. Sevel masuk ke Indonesia pertama kali tahun 2008. Konsep nongkrong yang ditawarkan sevel ini membuat omsetnya terus melesat. Gue pindah dan menetap di Jakarta sekitar tahun 2013 akhir, dan saat itu Sevel lagi jaya-jayanya menurut gue. Gue sempet takjub aja, sebuah minimarket yang nggak pernah sepi gue lihat. 

Pertama kali gue masuk Sevel, yang gue lihat ya anak nongkrong pada umumnya. Ngobrol, minum, internet-an. Waktu itu Sevel nggak sendirian. Ada Lawson dan Circle K yang bersaing di bisnis serupa. Sebelum gue menetap di Jakarta, gue tinggal di Bali. Di sana cuma ada Lawson dan Circle K. Cuman, Circle K di Jakarta nggak semenjamur seperti di Bali. Gue bukan orang yang hobi banget nongkrong sih. Gue ke Sevel kala itu kalo emang lagi butuh banget. Butuh Wi-Fi (kenceng) gratis buat download  bokep tentunya. 

Semakin lama gue lihat, customer Sevel semakin bergeser. Kalau sebelumnya banyak anak nongkrong dan sales MLM di Sevel, semenjak ada larangan menjual minuman beralkohol di minimarket, Sevel jadinya kebanyakan diisi sama bocah-bocah SMP dan SMA ingusan. Gue juga gak tau kepentingan mereka apaan. Tapi kebanyakan ya numpang Wi-Fi sama colokan walaupun belanja ciki sama air mineral doang. Hal ini juga yang bikin gue males nongkrong lagi di Sevel. Rasanya bukan tempat buat gue aja gitu. 

Sebenarnya Sevel bisa aja nggak jadi tutup. PT Charoen Pokphand Restu Indonesia digadang-gadang ngebet banget buat akuisisi Sevel. Mantap! Tapi gak tau kenapa rencana akuisisi itu batal dan Sevel pun harus hengkang dari Indonesia. Walaupun gue gak begitu hobi nongkrong di Sevel, gue juga ngerasa kehilangan. Jajanan khas Sevel menurut gue pribadi sih enak-enak. Dan menurut gue Sevel juga jadi tempat yang cocok buat mampir sejenak kalo gue kecapean kena macet di jalan. Entah buat numpang toilet atau ngemil sejenak. Selain Sevel, ternyata tipe usaha sejenis juga udah pada mulai tutup. Lawson setau gue udah banyak nutup store nya, tapi masih bertahan sampai sekarang. Circle K juga masih bertahan. Family Mart dan Hana Mart gue liat ikutan jejak Sevel buat nutup store nya. 

Gue ngerasa sedih aja kalo Sevel dkk ini harus tutup semua. IMO, kita bakalan butuh tempat kayak model Sevel ini. Untuk itu gue berharap buat customer dari Convenience Store yang masih bernafas, gunakanlah fasilitas seperlunya. Jangan lupa barang-barang nya dibeli. Emang lebih mahal di sana, karena mereka juga jual fasilitas. Gue suka kesel kalo ada yang komentar gpp kalo Sevel tutup, karena harganya kemahalan. Please deh. Kalo emang kere, jangan nongkrong. Gak beli apa-apa aja mau dapat fasilitas banyak. Mental miskin nya tolong dibuang. (sebenarnya ini masalah mostly Indonesian). Gue di sini juga bukan ngebelain Sevel dan waralaba lainnya. Gue bakal saranin kalian buat seimbang kok. Jangan sering-sering belanja di minimarket aja. Sekali-kali beli juga di warung-warung dekat rumah atau yang jualan di lampu merah. Itung-itung membantu sesama kan?
Cheers

Tidak ada komentar:

Posting Komentar