Heboh Kasus Pencurian Foto oleh Selebgram Indonesia! - Nara Killjoy

Nara Killjoy

Make Some Noises.

Selasa, 30 Januari 2018

Heboh Kasus Pencurian Foto oleh Selebgram Indonesia!


Jadi pagi ini gue mengawali hari dengan mengecek akun sosmed seperti rutinitas gue biasanya. Biasanya gue akses sosmed buat baca-baca berita gitu di berbagai akun media online. Sebenernya sih gue punya TV, tapi gue jarang banget nonton TV. Semenjak acara TV di Indonesia isinya cuma komedi receh dan debat kusir politik gak penting. Paling gue nyalain TV cuma buat nonton film koleksi gue atau buat nonton bola doang pas weekend.

Nah, pas gue lagi asik scrolling-scrolling timeline Twitter gue, gue menemukan sebuah tweet yang cukup menarik dan di retweet oleh cukup banyak orang. Bukan. Isinya bukan kelanjutan video yang diduga Marion Jola atau Hanna Annisa yang sempet heboh beberapa saat yang lalu. Singkat cerita, ada user instagram dengan username @milesmogul yang merasa bahwa foto-foto miliknya dan milik temannya dicuri,  diedit, kemudian dipost di instagram milik si pencuri foto itu. Miles Mogul sendiri  merupakan sebuah laman web travel agency yang dikelola oleh @nickykelvin. Di postingan instagram nya, @milesmogul membuat komparasi foto-foto miliknya dengan foto-foto hasil editan si pencuri tadi.
Barang Bukti I

Barang Bukti II

Barang Bukti III

Barang Bukti IV
Gak tanggung-tanggung, total ada empat foto yang dicuri, diedit, dan disebarluaskan oleh si pencuri tadi. Usut punya usut, si pencuri dengan username @adriansyah_martin ini merupakan selebgram asal Indonesia. Akun @adriansyah_martin sendiri saat ini udah gak bisa diakses lagi. Kemungkinan sih udah di delete ya sama si empunya akun. Gue sendiri sih gak kenal sama selebgram yang satu ini. Padahal dia udah eksis dari sekitar tahun 2014 loh. Saat itu si doi ngeluarin single dengan judul Bukan Salah Jodoh yang (mungkin) meledak di pasaran sebelum sempat beken. Adriansyah Martin ini merupakan twins dan nama kembarannya adalah Christiansyah Martin. Sejak foto plagiat milik saudaranya ini viral, akun @christiansyahmartin langsung digembok sama si empunya.
Mirip kan
Berdasarkan penelusuran dan analisis gue, Martin bersaudara ini sebenernya orang berada loh. Beberapa orang yang mengaku mengenal mereka berdua, mengklarifikasi bahwa Martin bersaudara ini tajir alias kaya raya. Bahkan ada warganet yang mengatakan bahwa si pencuri tadi punya mobil Maserati  di garasi rumahnya. Buat yang gak tau apa itu Maserati, intinya itu adalah mobil mahal keluaran Italia yang harganya paling murah sekitar US$ 70.000 atau kalo dikonversi jadinya sekitar Rp 1 Milyar.

Komentar Netizen I

Komentar Netizen II


Komentar Netizen III
Gak bisa dipungkiri, zaman sekarang ini sosmed itu udah kayak candu banget. Sadar atau nggak, kita yang udah terbiasa pake sosmed pasti deh ngerasa ada yang kurang kalo satu hari gak buka sosmed. Gue sendiri juga ngerasain hal yang sama. Seperti yang gue bilang di awal, pas bangun tidur yang gue buka ya sosmed, walaupun mata belum melek bener. Ini juga yang bikin gue yang dari dulu gak pernah pake kacamata, jadi ketergantungan kacamata gara mata gue slindris. (jangan ditiru ya adik-adik yang manis!)

Kalo menurut pengamatan gue, orang yang candu sama sosmed itu bisa dibagi menjadi dua jenis. jenis yang pertama make sosmed cuma buat cuci mata doang. Kerjaannya saban hari cuma scroll-scroll gak jelas. Tau-tau kuota 4 GB abis buat ngeliatin stories nya @awkarin. Jenis yang kedua ini lebih unik. Mereka make sosmed untuk menunjang eksistensi mereka. Mereka akan selalu berusaha untuk bikin postingan  yang semenarik mungkin demi like dan comment. Gak jarang, mereka bakal ngelakuin berbagai cara yang mungkin kurang etis. Misalnya aja, cewek posting foto yang nunjukin belahannya demi ribuan like. Atau yang paling parah ya mencuri foto orang untuk keuntungan pribadi, seperti yang dilakuin sama si Adriansyah Martin tadi.

Gue sih sebenernya heran sama Saudara Adriansyah Martin tadi. Padahal kan secara finansial doi udah termasuk tajir lah ya? Kayanya untuk naik pesawat first class kayak Syahrini gitu harusnya sih bukan jadi masalah besar bagi doi. Entah apapun motif dari si pelaku, lebih baik kita jadikan hal ini sebagai pembelajaran. Di sini gue bukan bermaksud untuk nyinyir atau nge-judge orang. Gue cuma titip pesan buat pembaca blog gue, jadilah diri kalian sendiri. Jangan sampai menghalalkan segala cara demi like, comment, dan followers. Apalagi kalo harus sampe mencuri karya orang dan mengakuinya sebagai milik pribadi. Reputasi yang kalian bangun susah payah bakal hancur dengan instan. Se-instan indomie goreng saat Anda mencuri karya orang lain tersebut. Share pemikiran kalian di kolom komentar ya!
Cheers!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar